Jumat, 28 Desember 2012

Hasil Kebudayaan Mesir Kuno

Hasil kebudayaan Mesir Kuno Hasil kebudayaan masyarakat Mesir Kuno sangat banyak. Di antaranya adalah hasil budaya dalam bidang tulisan, seni bangunan serta ilmu pengetahuan dan teknologi. 

a.Tulisan 

Orang Mesir Kuno telah mengenal tulisan sejak sekitar tahun 4000 SM. Tulisan mereka berupa gambar atau lambang-lambang. Orang Yunani menyebutnya tulisan Hierogliph. Kata Hierogliph berasal dari kata-kata hieros yang berarti “suci”; gliphein yang berarti “memahat atau menggaris”; dan kata gramma yang berarti “huruf”. Jadi, Hierogliph mengandung arti “huruf suci yang di pahat”. Semula tulisan itu dipahat di atas batu atau kayu. Kemudian, tulisan itu ditulis pada daun papirus. Papirus adalah semacam kertas yang dibuat dari daun papirus. Kata papirus dalam bahasa Inggris menjadi paper, artinya “kertas”. Pena yang dipergunakan untuk menulis dibuat dari jerami. Oleh kareni itu, semua kegiatan pada masa itu dapat dicatat seperti ajaran agama, administrasi pemerintahan, transaksi jual beli dan lain-lain. 

b. Seni bangunan/arsitektur 

 Arsitektur Mesir Kuno sudah maju. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan yang berhasil ditemukan misalnya Piramida dan Sphink, Kuil di Luxor, Obelisk, makam raja-raja pada gunung batu dan lain-lain. Semuanya itu memiliki nilai keindahan dan kemegahan. 

c.Ilmu pengetahuan dan teknologi 

Orang Mesir kuno telah mengenal ketrampilan dan ilmu pengetahuan yaitu ilmu ukur dan ilmu matematika. Selain itu, juga mengenal ilmu perbintangan, terbukti telah dapat menghitung 1 tahun matahari = 365 hari = 12 bulan, dan 1 bulan = 30 hari, 1 hari 1 malam = 24 jam. Oleh karena itu mereka sudah menggunakan penanggalan. Di bidang teknologi, orang Mesir Kuno sudah dapat membuat kapal dagang. Kapal tersebut dipergunakan untuk memperlancar perdagangan, baik di dalam negeri maupun perdagangan di luar negeri.

Dekorasi Piramida

Huruf Hierogliph

Spink

Piramida

0 komentar:

Poskan Komentar

Imaginations Blogger Template by Ipietoon Blogger Template